berita masjid masjid raya masjid unik masjid bersejarah surau ceramah profil

Rabu, 22 September 2010

Masjid Raya Syekh Burhanuddin untuk Evakuasi Tsunami


Kalau Anda datang ke Padangpariaman, Sumatera Barat, jangan lupa singgah dan shalat di Masjid Raya Syekh Burhanuddin yang lokasi tepatnya di Tanjung Medan Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis. Selain didesain sebagai tempat ibadah, masjid ini pun dipersiapkan sebagai tempat evakuasai korban tsunami.

Setelah direnovasi, masjid bersejarah peninggalan Syekh Burhanuddin ini tampak semakin indah yang juga berfungsi sebagai pusat mendidikan Islam dan wisata religius.

Arsitektur asli masjid berukuran 22 x 20 meter persegi ini tetap dipertahankan. Ada sentuhan ukiran Pandai Sikek dan fasilitas batu granit lainnya,  bagian lotengnya dilengkapi dengan lambesering, dan dua menara pendukung yang menambah keanggunannya.

Selain didesain sebagai tempat beribadah, masjid ini juga disiapakan sebagai tempat evakuasi bila terjadi tsunami. Kapasitas masjid ini mampu menampung 3.000 jamaah.

Masjid ini pun akan dilengkapi dengan teropong bintang dengan tujuan agar masyarakat Padang Pariaman khususnya dan SumBar bisa serentak melaksanakan ibadah puasa, shalat idul fitri, dan shalat idul adha.

Sekitar 6 Km dari masjid ini terdapat makam pendiri masjid yakni Syekh Burhanuddin yang kerap dikunjungi peziarah. Syekh Burhanudidn merupakan ulama besar Minang yang berjasa menyebarkan Islam di Minangkabau pada abad ke-17. Selain berpengetahuan luas tentang Islam, ulama besar ini diyakini pula berkekuatan supranatural. Arsitektur makamnya  sangat kental Minang-nya dengan ciri atap gonjong (runcing) di bagian atapnya. Uniknya ada sentuhan arsitektur Jepangnya di bagian atap bangunan berupa atap tumpang persegi berpadu atap gonjong.

Tips Perjalanan
Tak sulit menjangkau Masjid Raya Syekh Burhanuddin. Dari terminal bus Kota Padang maupun Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Anda tinggal naik taksi atau mobil travel. Pilihan lain naik bus umum namun beberapa kali ganti kendaraan.

Naskah: Irwin Fedriansyah & Adji Kurniawan (siarmasjid@gmail.com)
Foto: Irwin Fedriansyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar