berita masjid masjid raya masjid unik masjid bersejarah surau ceramah profil

Rabu, 15 September 2010

Langgar Gayam Atap Rumbai di Pamekasan



Langgar Gayam  di  Desa/Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Madura  berdiri di areal yang dulu diyakini sebagai Situs Kerajaan Jambaringin pada masa Pangeran Pradoto yang bergelar Pangeran Suhra.

Ada juga yang mengatakan Langgar Gayam peninggalan dari Bujuk Gayam yang dibangun tahun 1680. Dia berjasa menyebarkan agama Islam di daerah ini oleh karena itu masyarakat setempat sangat menghormatinya. Makamnya terletak di pinggir desa dengan bentuk nisan yang sederhana, tidak berornamen rumit seperti makam keluarga raja dan para bangsawan Madura.

Arsitektur Langgar Gayam sangat sedaerhana. Seluruh pondasinya terbuat dari kayu, atapnya rumbia, dindingnya dari bilik. Lantainya berjarak sekitar 50 Cm dari atas tanah dan berdiri dengan ditopang beberapa tiang kayu yang belum diganti sampai kini. Ada pengeras suara atau speaker yang digantung dengan sebatang bambu di belakang langgar untuk pengeras suara azan. Menurut Kiai  Moh. Sahid, pewaris Langgar Gayam sekaligus juru pelihara, ada cerita menarik dari langgar ini. “Ketika atapnya diganti dengan genting tanah liat, seketika genting-genting itu melorot (jatuh) sendiri. Oleh karena itu sampai sekarang tetap memakai atap rumbia,” jelasnya.

Menurut Miftahussurur Fatah SE, putra Sahid yang kadang menjadi muazin dan imam di langgar tersebut, hingga saat ini Langgar Gayam masih digunakan untuk shalat wajib berjamaah, termasuk shalat sunat taraweh. “Meski berukuran kecil, langgar ini mampu menampung 40 jemaah. Sisanya menempati halaman di depan langgar,” ujarnya,

Kurang dari 100 meter dari langgar ini terdapat Sumur Teratai. Dinamakan begitu karena dinding sumur bagian alam berbentuk lekuk-lekuk yang pabila dilihat dari atas nampak seperti bunga teratai. Dulu sumur ini menjadi tepat berwudhu bagi jemaah yang akan bersembahyang di Langgar Gayam. Kini, air sumur yang diyakini  masyarakat setempat dapat menyembuhkan bermacam penyakit dan juga bikin awet muda itu, masih digunakan untuk air wudhu dan keperluan sehari-hari.

Tips Perjalanan
Madura kini mudah ditempuh dari Surabaya, karena sudah terhubung dengan Jembatan Suramadu (Surabaya-Madura). Kalau Anda dari Jakarta bisa naik kereta, bus atau pesawat ke Surabaya lalu dengan bus ke Madura. Dari Madura Anda bisa menyewa mobil travel ke Langgar Gayam ini.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (siarmasjid@gmail.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar