berita masjid masjid raya masjid unik masjid bersejarah surau ceramah profil

Selasa, 02 Mei 2017

Masjid Istiqlal Jadi Tempat Deklarasi Komunitas Cinta Masjid Indonesia

Pesona Masjid Istiqlal kembali bergema. Pasalnya masjid kebanggaan warga Jakarta ini baru-baru ini menjadi tempat pendeklarasian Komunitas Cinta Masjid Indonesia (KCMI).

Sejumlah tokoh, artis, dan public figure umat Islam Indonesia turut hadir mendeklarasikan berdirinya KCMI di masjid terbesar se-Asia Tenggara itu.

Ada  Oki Setiana Dewi, Yenny Wahid,  Dude Herlino, Anies Baswedan, KH. Rusli Effendi, Said Ali Al Idrus, Abdul Rosyid Teguhdin, Abu Hurairah Abdussalam, Akbar Zainuddin, Budi Firmansyah,  Muhammad Reza, Bagus Herdian, Surya Dharma, Anang Trianto, dan Irsya Cendikia.

Aktris dan disainer hijab sari sekaligus ustadzah muda, Oki Setiana Dewi membacakan deklarasi KMCI.

Kata Oki dalam sambutannya komunitas ini bertujuan menghidupkan kembali gairah kegiatan bermanfaat di dalam masjid. “Seluruh remaja muslim di Indonesia dapat mengikuti KCMI,” jelasnya saat acara pendeklarasian KCMI di Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Sabtu (29/4).

Selanjutnya Oki membacakan  sembilan program unggulan yang digagas KCMI yaitu gerakan shalat berjamaah ke Masjid; gerakan bersih-bersih masjid atau gotong royong; gerakan keamanan, ketertiban dan keindahan Masjid.

Tak ketingalan gerakan majelis ilmu sebagai laboratorium SDM dan peradaban; gerakan pengembangan ekonomi berbasis masjid; dan gerakan pengembangan IT berbasis Masjid.

“Selain itu gerakan Masjid sebagai Solusi permasalahan umat, gerakan Masjid sebagai pusat dakwah dan informasi, dan terakhir gerakan Masjid sebagai objek wisata religi,” paparnya.

Ba’da deklarasi, ibu dua putri ini juga menceritakan seputar perjuangan muslim Spanyol yang kini sedang membangun Masjid di Sevila.

Menurutnya kaum muslim di Sevila tengah membutuhkan bantuan dari sesama muslim di seluruh dunia, khususnya Indonesia.

“Di Sevila baru cuma ada musola, itu pun sangat kecil di lantai dasar sebuah apartemen. Jadi hanya bisa buat solat tidak bisa untuk sharing pikiran. Intinya muslim Sevila membutuhkan masjid,” ungkapnya.

Karena itu, Oki yang belum lama berkunjung ke Sevila, mengajak umat muslim dunia untuk bisa mendukung terwujudnya pembangunan masjid di negeri Matador tersebut.

Deklarator KMCI lainnya, Yenny Wahid  menambahkan merawat masjid jangan hanya teori namun harua aksi.

“Misalnya memelihara kebersihan masjid, jadi nggak sebatas teori,” ujarnya seraya menjelaskan bawa masjid menjadi tempat mengumandangkan semua hal yang baik.

“Merangkul bukan memukul, mengajak bukan mengejek. Tidak ada lagi saling mengkafirkan dan memunafikkan," tegas Yenny.

Menurutnya masjid juga menjadi salah satu pusat untuk menebarkan kebaikan, baik yang bertujuan bagi hajat hidup orang banyak sampai untuk temapt ibadah sosial.

Karena itu masjid harus memberi kenyamanan bagi masyarakat dan semua orang. "Di sini (masjid-red) bukan cuma kaum muslim yang bisa datang, tapi banyak kaum non-muslim yang datang," ujar Yenny.

Deklarasi KCMI juga bertepatan  dengan pembukaan acara Youth Islamic Festival (Yifest) 2017 yang digagas Youth Islamic Study Club (YISC) Al Azhar dan Asosiasi Remaja Masjid Istiqlal (ARMI).

Acara Yifest 2017 yang berlangsung 2 hari, 29-30 April itu pun berlangsung di masjid megah dan bersejarah ini dengan menyuguhkan serangkaian acara Islami yang menarik seperti  tabligh akbar, sharing session, talk show, community booth, festival halal food and bazaar, nasyid, lomba islamic stand Up comedy dan marawis, donor darah, trial archery dan ASBD, serta sharing happiness.

Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap kegiatan yang dilakukan oleh 48 komunitas muslim di Jakarta ini dapat menjadi contoh buat kota lain.

Menurut Anies masjid bukan hanya tenar karena ukurannya, tapi juga kegiatannya. ”Saya harap Yifest ini bisa menjadi persemaian ide baru anak muda Indonesia,” pungkas Anies.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji & @okisetianadewi

NB.: Siar Masjid mengucapkan selamat atas pendeklarasian KCMI dan siap bekerjasama dengan KCMI untuk segala kegiatan..., semoga barokah Amien Yaa Robbal Alamien. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar