berita masjid masjid raya masjid unik masjid bersejarah surau ceramah profil

Rabu, 19 April 2017

Sujud Syukur Tamasya Al Maidah, Bikin Gema Masjid Istiqlal Kembali Mendunia


Gaung Masjid Istiqlal Jakarta kembali mengangkasa. Kali ini yang membuatnya menggema karena ada hajatan sujud syukur atas kemenangan pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno (Anies-Sandi) di hitung cepat sejumlah lembaga survei dalam Pilkada DKI Jakarta putaran kedua, Rabu (19/4/2017).

Sujud syukur tersebut merupakan agenda kelima atau puncak dari kegiatan Tamasya Al Maidah.

Ketua Panitia Tamasya Al Maidah Ustadz Ansufri Sambo mengatakan syukur ini memang bagian dari Tamasya Al Maidah yang sudah diagendakan sebelumnya.

Pantauan SiarMasjid, acara ini dihadiri sejumlah ormas Islam, termasuk masa dari Front Pembela Islam (FBI) dengan imam besarnya, Habib Rizieq Shihab.

Mereka datang berkonvoi dengan sepeda motor,  sementara Habib Rizieq diantar dengan menggunakan mobil Fortuner warna hitam. Rizieq tiba di Masjid Istiqlal pukul 17.00 WIB.

Selain Rizieq, turut hadir di Masjid Istiqlal dua petinggi Gerindra, Prabowo Subianto dan Fadli Zon serta Ketum GNPF Mui Bachtiar Nasir. Tak ketinggalan Anies Baswedan.

Kehadiran Rizieq disambut ucapan takbir oleh para peserta Tamasya Al Maidah di pintu Al Fatah.

Sujud syukur berlangsung di ruang utama Masjid Istiqlal, ba’da Shalat Isya Berjamaah sekitar pukul 19.45 WIB. Sujud syukur ini dipimpin langsung Rizieq.

Sujud tanda ucap terimakasih ini berdasarkan ajaran islam ini dimulai dengan membaca takbir. Lalu jamaah melakukan sujud syukur dari posisi berdiri kemudian sujud. Setelah itu bangun ke posisi duduk, dan diakhiri dengan salam ke kanan dan ke kiri.

Setelah sujud syukur selesai dilakukan, Anies Baswedan melakukan pidato singkat.  

Selepas acara, Rizieq meminta peserta Tamasya Al-Maidah di Masjid Istiqlal pulang dengan tertib.

Dia menghimbau jemaah tidak terprovokasi di tengah perjalanan pulang ke tempat-masing-masing. “Jangan sampai kemenangan dinodai dengan perilaku tidak terpuji. Harus siap jaga kedamaian dan kesatuan. Ingat pesan gubernur terpilih,” imbaunya.

Buat peserta Tamasya Al Maidah dari daerah yang telah mendapat kendaraan, Rizieq meminta segera pulang ke daerah masing-masing dengan tertib.

Namun bagi peserta Tamasya Al Maidah di Jakarta diharapkan bergabung mendengarkan rencana tuntutan di sidang penista agama besok. “Kita minta tuntutan jaksa penuntut umum lima tahun penjara tanpa kurang satu hari pun," tegas Rizieq dengan lantang.

Secara keseluruhan gelaran Sujud Syukur Tamaysa Al Maidah atas kemenangan Anies-Sandi berjalan lancar, tertib, dan aman.

Lagi-lagi umat Islam membuktikan kepada masyarakat Indonesia bahkan dunia bahwa aksi yang mereka lalukan adalah aksi damai sebagaimana aksi-aksi yang telah mereka lakukan beberapa bulan belakangan ini.

Dari sisi wisata religi, halal maupun sejarah, tentu acara ini membawa berkah tersendiri. Satu di antaranya, Masjid Istiqlal kembali mendapat publikasi gratis luar biasa, baik dari media masa maupun media sosial. Nama masjid kebanggaan umat Muslim Jakarta dan Indonesia ini pun kembali mendunia.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: @adjitopis &@dpp_fpi   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar