berita masjid masjid raya masjid unik masjid bersejarah surau ceramah profil

Minggu, 16 April 2017

Replika Masjid Muhammad Cheng Ho Batam Mirip Aslinya

Arsitektur dan warnanya mirip Klenteng ketimbang masjid, namanya Masjid Muhammad Cheng Ho. Bentuknya mirip seperti aslinya yang ada di Surabaya.

Masjid berarsitektur khas Tiongkok ini terletak di wisata Golden Prawn, Bengkong Laut, Kecamatan Bengkong, Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Sementara aslinya yakni Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya yang terletak di areal komplek gedung serba guna PITI (Pembina Imam Tauhid Islam) Jawa Timur Jalan Gading No.2 (Belakang Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa), Surabaya, Jawa Timur.

Sama seperti aslinya bangunan masjidnya menyerupai kelenteng (rumah ibadah umat Tri Dharma). Warna bangunan masjidnya didominasi merah, hijau, dan kuning.

Pintu masuknya menyerupai bentuk pagoda, terdapat juga relief naga dan patung singa dari lilin dengan lafaz Allah dalam huruf Arab di puncak pagoda. Di sisi kiri bangunan terdapat sebuah beduk sebagai pelengkap bangunan masjid.

Mesjid ini berdiri di tengah-tengah kawasan wisata Golden Prawn, di atas lahan seluas 700 meter persegi. Luas bangunannya mencapai 10 x 20 meter persegi dan tingginya 11,5 meter.

Di bagian dalam masjid ini juga terdapat banyak tulisan kaligrafi Islam dan juga ada mimbar. Ruangan dalamnya bisa menampung 180 jamaah untuk shalat berjamaah.

Masjid Muhammad Cheng Ho Batam yang diresmikan pada Februari 2015 oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya ini juga ramai dikunjungi wisatwan lokal, nusantara bahkan mancanegara terutama dari Singapura, Malaysia pada saat liburan dan akhir pekan.

Tak jauh dari masjid ini ada Kapal Golden Cheng Ho II, masih kawasan Golden Prawn, Bengkong Laut.

Replika Masjid Muhamad Cheng Ho dan Kapal Cheng Ho di Batam membuktikan bahwa Batam menjadi satu dari 9 titik Jalur Samudera yang dilewati Laksamana Cheng Ho, Panglima asal Negeri Tiongkok yang membawa rombongan sebanyak 137 ribu anak buah kapal dengan menggunakan 317 kapal. Laksamana Cheng Ho berlayar mengarungi samudra luas dengan rombongannya untuk menyebarkan agama islam.

Tak sulit menjangkau masjid ini. Dari Bandara Hang Nadim Batam, cuma buth waktu sekitar 30 menit dengan taksi ataupun mobil travel.

Selain di Batam dan Surabaya, di Palembang juga telah ada masjid serupa dengan nama Masjid Cheng Ho Palembang atau Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis) Foto: adji & simas.kemenag.go.id

Captions:
1. Masjid Muhammad Cheng Ho Batam, Kepri
2. Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya, Jatim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar