berita masjid masjid raya masjid unik masjid bersejarah surau ceramah profil

Selasa, 19 Juni 2018

Wow, Masjid Ini pun Gelar Buka Puasa Sunnah Syawal Gratis


Umumnya masjid di Indonesia, cuma menggelar buka puasa selama Ramadhan saja. Tapi berbeda dengan masjid satu ini, namanya Masjid Jogokariyan. Selepas lebaran Idul Fitri, masjid yang berada di Yogyakarta ini juga menggadakan buka bersama puasa sunnah Syawal selama enam hari.
Informasi buka puasa sunnah Syawal itu, SiarMasjid peroleh dari akun Instagram (IG) @masjidjogokariyan yang di-posting Selasa (19/6/2018).
Dalam postingan itu dijelaskan buka puasa sunnah Syawal tahun ini berlangsung sejak tanggal 18 s/d 23 Juni 2018 atau enam hari.
Acaranya dimulai pukul 16.45 WIB, didahului dengan ceramah oleh ustadz secara bergantian setiap harinya. Dilanjutkan dengan berbuka puasa dan shalat maghrib berjamaah.
Buka puasa Syawal tersebut gratis dan terbuka untuk umum, tentunya bagi yang berpuasa sunnah Syawal.

“Yuk yang sedang menjalankan ibadah puasa sunnah Syawal bisa merapat,” ajak akun tersebut.

“Yang sendirian buka puasanya, bakal banyak yang nemenin kok kalau buka puasanya di Masjid Jogokariyaaan…GRATISSSS..!!!”, lanjut akun itu.

Sejumlah warganet pun berkomentar positif bahkan  kagum atas kegiatan tersebut.

Pemilik akun @nur_kholis_mabrur berkomentar: “keren abis @masjidjogokariyan”.

Sementara @riskyayaya mengatakan: “Masya Allah, Mwantaaap”.

Lain lagi dengan si empunya akun @eninovianty. Dia bilang: “Mantab…kalo deket tiap hari bakal kesana,’’ tulisnya.

Hal senada juga diungkapkan pemilik akun @kang.aprizal. Dia  berkomentar: “Luar biasa, semoga bisa jadi contoh masjid-masjid lainnya yang di Bandung”.

Untuk lebih meyakinkan terkait informasi tersebut, SiarMasjid langsung menghubungi salah satu pengurus Masjid Jogokariyan lewat pesan WA.

Ternyata jawabannya memang benar, pengurus Masjid Jogokariyan menggelar buka puasa sunnah Syawal tahun ini.

Bahkan menurut pengurus tersebut, kegiatan buka puasa sunnah Syawal selalu diadakan Masjid Jogokariyan setiap tahun, selama satu minggu, tepatnya selepas Lebaran.

Sebelumnya, masjid yang berada di Jalan Jogokariyan No 36, Mantrijeron, Kota Jogja, Yogyakarta ini sukses menggelar Festival Kampoeng Ramadhan Jogokariyan 1439 H selama sebulan.

Acara bukan hanya buka puasa bersama setiap hari, pun masih banyak lagi antara lain sahur bareng, tabligh akbar bersama Tengku Zulkarnain, Ustadz Bachtiar Nasir, dan Ustadz Ridwan Hamidi, Taraweh Ala Madinah 1 juz dan Subuh Syahdu bersama  Abdul Azizi Maarif (al-hafidz).

Selain itu ada  pengajian jelang Ramadhan, berbagi sembako sahur, pembukaan pasar sore, taraweh dengan imam dari negeri Syam, kajian  obrolan dan lagu (kolag), ngobrol inspirasi (ngopi), kajian muslimah “parenting”, qur’an camp, Ramadhan kids corner, dan  i’tikaf 10 hari full serta Syiar Takbir bertema “Bersatulah Negeri, Merdekalah Palestina” yang diisi dengan takbir keliling, display, dan pentas seni.

Menariknya, semua acaranya itu berikut suasana Masjid Jogokariyan dipublikasikan lewat media sosial terutama IG sehingga tersiar luas dan membuat namanya menasional bahkan mendunia.

Melihat begitu kreatif dan inovatif para pengurus Masjid Jogokariyan, rasanya tak berlebihan bila masjid yang berdiri tahun 1966 ini pernah dianugerahi penghargaan juara 1 sebagai masjid besar percontohan se-Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2016 dan penghargaan sebagai  masjid besar percontohan idarah Nasional oleh Kemenag RI pada tahun yang sama.Terkait puasa sunnah Syawal, Ustadz Abdul Somad (UAS) menjelaskan inilah dalil dari jumhur atau mayoritas ulama yang menunjukkan sunnahnya puasa Syawal.
“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim no. 1164).

Menurut UAS, puasa sunnah syawal itu  6 hari. Pelaksanaannya boleh dilakukan sekaligus atau 6 hari berturut-turut, boleh juga tidak berturut-turut atau dicicil, yang penting hingga akhir Syawal jumlahnya 6 hari.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo, ig: @adjitropis)
Foto: @masjidjogokariyan

Captions:
1.  Suasana luar Masjid Jogokariyan.
2.   Info Buka Puasa Sunnah Syawal di Masjid Jogokariyan.
3.  Interior Masjid Jogokariyan.
4. Jamaah Shalat Subuh terakhir Ramadhan 1439 H sampai di luar Masjid Jogokariyan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar