berita masjid masjid raya masjid unik masjid bersejarah surau ceramah profil

Sabtu, 21 Juli 2012

Mesjid Agung Al-Falah Sigli (kembali) Berdiri Gagah


Sempat beberapa bagian bangunannya runtuh akibat diguncang gempa disusul tsunami hebat 7 tahun lalu, Masjid Agung Al-Falah, kini tampil gagah kembali.  Kalau Anda berkunjung ke Sigli,  jangan hanya menikmati Mie Aceh Sigli yang memang nikmat atau mendatangi Tugu Peringatan Korban Tsunami-nya saja, kunjungilah masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Sigli, Kabupaten Pidie, Aceh  ini.

Ketika saya hendak bertugas ke Takengon April 2012 lalu, saya sempat mampir ke Masjid Agung Al-Falah Sigli untuk menunaikan Shalat Zuhur selepas makan siang.  

Kebetulan letak masjid ini amat strategis, di tengah Kota Sigli tepatnya di Jalan Prof. A. Majid Ibrahim yang menjadi lintasan jalan utama antarkota di Aceh. Di seberangnya ada bangunan Bank Aceh yang warnanya paling mencolok, bercat serba hijau.

Bangunan utama masjid ini amat besar dan nampak gagah dengan keseluruhan dindingnya bercat putih termasuk kubah besar dan kecilnya. Sementara menara utamanya yang menjulang tinggi, masih dalam renovasi akibat dari bencana besar itu. Menara tersebut sudah berdiri kokoh namun belum bercat.


 

Tempat wudhu-nya berada di bagian belakang, dekat dengan menara yang berukuran lebih pendek.  Ruangan dalam masjid ini terkesan lapang, dengan dinding-dinding yang terbuka. Ada lampu gantung berwarna kuning yang menggantung di langit-langit.  Di kiri dan kanan bagian dalamnya ada ruangan lantai 2 untuk menampung jama’ah bila ruangan utama di lantai satu penuh.

Pasca tsunami, masjid ini salah satu tempat siraman rohani untuk memulihkan mental para korban tsunami. SDalah satunya yang dilakkukan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat bersama Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh.

Akibat bencana gempa dan tsunami 7 tahun lalu itu, Kabupaten Pidie merugi ratusan miiliar. Selain kerusakan rumah penduduk, kantor pemerintah, juga sejumlah mushola, dan masjid termasuk masjid ini.

Korbannya mencapai sekitar 120ribu. Untuk mengenang musibah dasyat itu, dibangun Monumen Tsunami, yang berada di pesisir Pantai Kota Sigli.

Pada Pilkada Aceh, Maret 2012, di halaman masjid ini dijadikan tempat ikrar pilkada damai bertajuk jagalah perdamaian yang dgelar Komisi Independen Pemilihan Pidie.




Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar