berita masjid masjid raya masjid unik masjid bersejarah surau ceramah profil

Rabu, 27 Juli 2011

Musholla-Musholla Cantik di Mall-Mall Mewah Jakarta


Jakarta punya ratusan mall yang tersebar di lima wilayah. Alhamdulillah  semuanya dilengkapi musholla cantik kendati tidak di setiap lantainya. Keberadaannya jelas sangat membantu pengunjung yang sedang menikmati kemewahannya untuk urusan belanja, makan, dan lainnya.  

Kendati jumlah mall mewah di Jakarta banyak, namun yang memiliki musholla cantik dalam artian bersih, nyaman, terawat, mudah dijangkau, dan atau  berfasilitas lumayan lengkap hanya ada di beberapa mall.

 Di Jakarta Selatan misalnya mall mewah yang memiliki musholla cantik tersebut antara lain di Pondok Indah Mall (PIM) 1 dan 2. Mall di kawasan pemukian elite ini dilengkapi 3 musholla. Dua musholla berada di lantai 1 dan 2 sebelah Utara (north) dan satu lagi berukuran lebih kecil di gang deretan restaurant di lantai paling atas. Musholla lantai 1 dan 2, masing-masing mampu menampung sekitar 40 jamaah.

 Di Mall Pejaten Village di Jalan Warung Buncit dilengkapi satu musholla di sudut lantai dasar. Mushollahnya cukup besar dengan 3 ruangan.

Di Cilandak Town Square (Citos), Cilandak memiliki sebuah musholla ini  di dekat ruang parkir basement. Meski letaknya agak jauh tapi ruangannya ber-AC  dengan karpet kualitas hotel.

Sedangkan Jakarta Pusat antara lain di Plaza Senayan  yang memiliki musholla dengan desain minimalis yang lumayan bagus. Lokasinya di dekat pintu masuk parkiran P3. Musholla pria dan wanita terpisah.

Selain itu di fX lifestyle X’nter, bilangan Sudirman, mempunyai 2 musholla di lantai dasar dan lantai 4. Musholla lantai dasar memiliki 2 ruangan masing-masing untuk pria dan  wanita. Musholla di lantai 4 hanya satu ruangan.

Di Pacific Place SCBD, belakang Bursa Efek Jakarta (BEJ) juga dilengkapi sebuah musholla bagus di lantai 2 sebelah toko buku Times.  Sementara di Plaza Semanggi (Plangi) mushollahnya berada di lantai 5. Interiornya sederhana namun terawat bersih.

Dan di Plasa Indonesia, mushollahnya di lantai 3 yang mudah dicapai dan sangat terawat. Ruang unuk pria dan wanita terpisah. Di musholla pria tersedia gantungan jaket dan topi dari besi bewrna silver.  Tersedia pula tempat duduk untuk membuka sepatu yang empuk dari kulit berwarna coklat tua. Interiornya elegant berwarna krem keemasan.  Terkesan lapang dan tenang sehingga memberi kenyamanan pengunjung yang shalat.

Masih di Jakarta Pusat, Senayan City (Sency) di Jalan Asia Afrika, Senayan memiliki musholla yang paling baik dibanding musholla bagus lain di mall-mall mewah Jakarta. Letaknya di lantai Lower Ground (LG), di deretan restoran. Musholla pria dan wanita terpisah dan keduanya cukup besar berkapasitas sekitar 40 jemaah.

Satu musholla lagi Sency ada di  lantai P6, tempat salatnya lebih besar sehingga kerap dipakai untuk Shalat Jumat.

Nah, sekarang Anda tak perlu cemas shalat dimana, jika nanti mau berbelanja memenuhi kebutuhan puasa dan lebaran di mall-mall mewah di atas.

Selamat berbelanja di mall-mall mewah di Jakarta tapi tetap tunaikan shalat dengan nyaman.

Naskah & foto: Adji Kurniawan (email & FB: siarmasjid@yahoo.com)
Grup FB: Siar Masjid Musholla Indonesia [SiMMI]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar