berita masjid masjid raya masjid unik masjid bersejarah surau ceramah profil

Sabtu, 30 Juli 2011

Masjid-Masjid di Kawasan Pasar Tanah Abang


Sepekan jelang Ramadhan ini, pasar Tanah Abang, Jakarta  Pusat dibanjiri pembeli dari berbagai daerah di Indonesia.  Padat, macet, dan riuh begitu suasana grosir tekstil dan pakaian jadi terbesar di Asia Tenggara ini. Alhamdulillah, ada beberapa masjid di seputar pasar ini sehingga memudahkan pengunjung menunaikan kewajiban shalat sebagai muslim. Masjid-masjid apa saja?

Pengunjung pusat perbelanjaan Blok A Tanah Abang yang ingin shalat bisa ke  Masjid Pasar Tanah Abang (MPTA) yang terletak di bagian paling atas, lantai 14. Untuk menjangkaunya bisa naik tangga berjalan (eskalator) dan lift.

Masjid yang berdiri sejak tahun 2004 ini berarsitektur paduan berbagai gaya. Pilar-pilarnya mirip deretan pilar Kerajaan Cordova, Spanyol. Relief kaca patri jendelanya bernuansa arsitektur Persia. Keramik dan mimbarnya beraksen Turki. Keseluruhannya persis masjid-masjid di Madinah, Arab Saudi.
Warna cokelat muda mendominasi bangunan depan masjid ini di tambah warna hijau yang mencuatkan kesan teduh. Ruang dalamnya didominasi kaligrafi arab dengan warna-warni cerah.
Fasilitas yang tersedia di masjid yang berkapisitas 3.000an jamaah ini antara lain penitipkan alas kaki, wudhu dan toilet yang bersih untuk pria dan wanita, terpisah. Di sekitar masjid juga tersedia ruang rapat, ruang untuk imam, ruang officeboy, dan sekretariat.


Masjid ini dibuka pagi hingga petang, sesuai aktivitas Pasar Blok A. Untuk Ramadhan tahun ini, panitia masjid selain menyelenggarakan kultum setiap ba’da Zhuhur dan menyediakan ta’jil untuk pengunjung yang ingin berbuka puasa, juga akan mengadakan  shalat taraweh.
Kegiatan lainnya, program Taman Pendidikan al-Qu’ran gratis khusus buat anak-anak kurang mampu yang digelar setiap Senin dan Kamis serta pengajian setiap  Minggu.
Masjid  Jami Al- Ma’mur
Masih di Tanag Abang tepatnya di Jalan KH Mas Mansyur No. 6 Jakarta Pusat, ada Masjid Jami Al Ma’mur, tepatnya sekitar 100 meter dari Blok A Tanah Abang.


Masjid yang dibangun tahun 1704 ini ramai dikunjungi para pedagang Pasar Tanah Abang dan pengunjung serta warga sekitar.

Kalau interior Masjid Blok A Tanah Abang dihiasi kaligrafi, sebaliknya bagian depan Masjid Jami Al Ma’mur yang didominasi kaligrafi.

Interiornya justru polos. Yang menarik ada banyak lampu neon yang digantung Di mihrabnya adat tempat khutbah dengan tiga tangga, disamping mihrab bagian kanan ada pintu keluar masuk imam dan khatib.


Kendati masjid ini dikepung para pedagang di luar pagarnya, namun ketika berada di dalamnya cukup nyaman. Ruangannya begitu lapang. Karpetnya baru 3 hari lalu diganti. Kualitas karpetnya pun bagus, berwarna merah.

Selain dua masjid di atas, masih ada beberapa masjid lagi. Di Blok G ada Masjid Al-Ikhlas tepatnya di lantai 4. Sementara di Blok B, masjidnya sedang dalam proses pembangunan, letaknya di bagian atap.

Di luar blok, ada Masjid Al-Abraar di Jalan Jati Baru X, di seberang Stasiun Kereta Tanah Abang. Masjid ini berada di gang yang juga dipenuhi kios pedagang pakaian jadi terutama pakaian muslim seperti gamis, baju koko, peci, jilbab, dan lainnya.

Kehadiran masjid-masjid di atas, jelas mempermudah pengunjung yang ingin beribadah. Nah, selamat  berbelanja, berdagang tanpa meninggalkan ibadah shalat di  Pasar Tanah Abang.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (siarmasjid@yahoo.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar