berita masjid masjid raya masjid unik masjid bersejarah surau ceramah profil

Minggu, 18 Maret 2018

Ceramah Yusuf Estes di MASK Diminati Anak Muda Jaman Now


Ceramah da’i internasional asal Texas, Amerika Serikat di Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK), Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (18/3/2018), dihadiri ribuan jama’ah. Menariknya yang datang didominasi kaula muda, anak jaman now, dan bukan cuma umat Islam saja tapi juga sejumlah Non-Muslim.

Pantauan Siarmasjid (salah satu anggota d’Blogger Indonesia selain TravelPlus, Ronabudaya, Kokirimba, dan lainnya), jama'ah mulai berdatangan ke MASK sejak pagi dan mulai ramai jelang Shalat Zuhur, sekitar pukul 11.30 WIB.

Jama'ah yang datang bukan hanya dari Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Tangerang dan Bekasi) pun ada yang datang dari luar Jabodetabek bahkan dari Sumatera.

Selain dari tahu informasi jadwal Safari Dakwah Yusuf Estes di MASK ini dari blog dan  media online, umumnya jama'ah yang datang tahu kegiatan ini dari media sosial terutama Instagram.
"Saya tau dari blog TravelPlus Indonesia dan juga Instagram-nya @steven.indra.wibowo pendiri Mualaf Center Indonesia," aku Haris (19) dari Tangerang.

Hal yang sama juga diutarakan Fahmi (25) dari Jakarta Selatan dan juga Rizal (30) dari Padang, Sumatera Barat.

“Saya sengaja datang dari jauh karena penasaran ingin tahu gaya ceramah ustad bule Yusuf Estes itu,” aku Rizal.
Pada awalnya jama'ah memasuki ruang utama MASK yang sengaja dibagi menjadi dua bagian.
Sisi kiri untuk jama'ah perempuan dan sisi kanan termasuk bagian depan, beberapa shaf di belakang mimbar khusus untuk jama'ah pria.

Sejumlah jamaah sengaja datang lebih awal untuk dapat tenpat di shaf-shaf terdepan agar dapat melihat dan mengabadikan Yusuf Estes dari dekat.

Jelang azan Zuhur seluruh ruang utama MASK penuh, termasuk di bagian ruang pendukung di belakang yang juga dibagi dua bagian terpisah untuk jamaah perempuan dan laki-laki.

Selepas Shalat Zuhur berjamaah, salah satu panitia dari Sahabat Dakwah Internasional (SDI) yang mengundang/memfasilitasi Yusuf Estes ber- Safari Dakwah di Indonesia mengumumkan bahwa Yusuf Estes tidak bisa mengisi ceramah di ruang utama tersebut lantaran tidak mampu naik tangga karena kakinya sakit.

“Yusuf Estes akan berceramah di aula bawah. Beliau sudah menunggu di sana. Jadi jamaah yang ada di sini bisa turun menuju ruang aula. Jika tidak mau bisa tetap di sini atau di belakang menyaksikan ceramah beliau dari layar tv besar,” terang salah satu panitia itu.

Jama'ah pun termasuk Siarmasjid berbondong-bondong turun ke ruang aula secara tertib. Sisanya tetap di ruang utama dan bagian belakang.

Di ruang Aula MASK, Yusuf Estes sudah hadir. Dia duduk di sofa berwarna hitam didampingi sejumlah panitia dari SDI dan MASK.

Yusuf Estes tampil sederhana mengenakan baju gamis berwarna abu-abu ditambah jas berwarna hitam.

Rambutnya sudah memutih begitupun dengan brewoknya yang lebat dan panjang.

Saat berceramah sambil berdiri, da’i yang dulunya seorang musisi dan pendeta ini kerap ber-Salam Satu Jari, Salam Tauhid, "LAILAHAILLAH" (Tiada Tuhan selain Allah) sebagaimana sering dia lakukan saat tampil di berbagai kesempatan.

Selain ber-Salam Tauhid ketika berceramah yang ia sampaikan dalam Bahasa Inggris, Yusuf Estes juga kerap meneriakkan Takbir, ALLAHU AKBAR (Allah Maha Besar) dengan suara lantang.

Di ujung ceramah, Yusuf Estes memandu empat orang Indonesia Non-Muslim (2 wanita dan 2 pria) satu per satu mengucapkan kalimat syahadat "Ashadu an La Ilaha Illa Allah wa Ashadu anna Muhamadar Rasulullah" yang artinya “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad SAW adalah Rasul utusan Allah”, sebagai tanda keempat orang itu resmi menjadi Muslim.
Sebelum mengisi Ceramah Ba’da Zuhur di Mask, Yusuf Estse terlebih dulu ber-Ceramah Ba'da Subuh di Masjid Darussalam Kota Wisata, Bogor.

Besok Senin (19/3) sampai Rabu (21/3), Yusuf Estes akan melanjutkan tur dakwahnya dengan berceramah di Surabaya sebanyak satu kali tampil, Balikpapan (2 kali), dan terakhir tampil sekali lagi di Jakarta. (Info detil tempat dan waktunya bisa dilihat di: www.travelplusindonesia.blogspot.co.id)

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Syeikh Yusuf Estes, da'i internasional asal Texas, Amerika Serikat berceramah di Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK), Jakarta, Minggu (18/3/2018).
2. Jama'ah yang hadir didominasi anak muda jaman now.
3. Gerbang utama MASK.
4. Yusuf Estes tampil sederhana.
5. Yusuf Estes berceramah dalam Bahasa Inggris.
6. Yusuf Estes menjelaskan tentang Islam kepada empat orang non-Muslim yang ingin menjadi muallaf lalu memandu mereka membaca kalimat Syahadat
7. Selebaran info ceramah Yusuf Estes di MASK.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar