berita masjid masjid raya masjid unik masjid bersejarah surau ceramah profil

Jumat, 30 Maret 2018

Rifdah Juara II MHQ Sedunia, Dapat Hadiah Pergi Haji dari Ulama Mekkah


Rifdah Farnidah, juara II Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) Sedunia 2018  di Yordania tak kuasa menahan haru saat Sheikh Khalid Al Hamoudi memberikannya hadiah pergi haji bersama kedua orangtua dan dosen pembimbingnya. Bahkan ulama dari Mekkah itu mengangkat Rifdah sebagai anak perempuannya yang ketiga.


Hadiah-hadiah itu disampaikan langsung oleh Sheikh Khalid Al Hamoudi  di depan Gubernur Anies Baswedan dan tamu undangan lainnya dalam acara penyambutan Rifdah di Gedung Balai Kota/Kantor Gubernur DKI Jakarta, Kamis (29/3/2018) malam.


“Semalam Rifdah kami undang ikut hadir dalam acara silaturahmi ulama di Balai Kota. Ia datang bersama ibundanya, dan pembimbingnya, Hj. Mutmainnah, dosen di Institut Ilmu Al Quran,” kata Anies tentang sekelumit kisah penyambutan Rifdah semalam di Balai Kota yang ia tulis di akun Instagram (IG)-nya @aniesbaswedan, Jumat (30/3/2018).

“Di tengah acara, saya undang Rifdah maju. Di depan ia bacakan penggalan Quran, dari surah Al Hasyr ayat 18-24,” lanjut Anies.

Di ruang depan Balai Kota yang usia bangunannya dua abad, di ruang yang tak biasa jadi tempat dilantunkannya Al-Quran, puluhan ulama, habib, ustadz dan ustadzah hening, haru dan khusyuk menyimak lantunan ayat dari suara Rifdah yang bening.

“Sebagian kita yang hadir mulai terlihat mengusap butiran air dari matanya,” ujar Anies.

Sesudah Rifdah selesai lantunkan penggalan Quran itu, Sheikh Khalid Al Hamoudi, tamu kehormatan kita malam itu, seorang ulama dari Mekkah, angkat bicara.

Sheikh Khalid sampaikan kekaguman dan apresiasi kepada Rifdah.

Lalu beliau umumkan, “Perkenankan saya sampaikan hadiah kepada Rifdah. Kami akan sepenuhnya fasilitasi Rifdah bersama kedua orangtuanya, juga ibu dosen pembimbing Rifdah beserta suaminya, untuk diberangkatkan ibadah haji. Saya akan tunggu dan sambut di Mekkah, di mana Rifdah dan rombongan akan menjadi tamu Allah, dan tamu kehormatan di mata saya”.

“Puluhan hadirin sontak bertakbir dan tahmid. Ruangan bergema, hati tergerak, mata membasah,” tulis Anies.

Belum selesai, Sheikh Khalid lanjutkan: “Saya punya dua anak perempuan yang juga hafidzah dan sudah lancar tilawah Quran dalam berbagai qiroat. Kini saya punya tiga anak perempuan, Rifdah saya angkat menjadi anak perempuan saya yang ketiga."

Mendengar itu, sambung Anies, tak ada hadirin yang tak terharu mendengarnya. “Puluhan pasang mata menitikkan airnya. Takbir dan tahmid bersahutan. Bangunan kokoh Balai Kota terasa bergetar,” tulisnya lagi.

Rifdah hafidzoh asal Sumedang, Jawa Barat baru kembali dari Yordania ikuti Musabaqah Hifdzil Quran Sedunia 2018 yang berlangsung 6 hari (19-24/3) dan dia meraih juara II. Sementara juara kesatu disabet hafidzah Aljazair dan juara ketiga Iran.

“Hanya ia juara yang bukan berasal dari negara Timur Tengah,” tulisa Anies yang IG-nya diiikuti 1,1 warganet.

Rifdah usianya baru 22 tahun. “Ia masih belia dan ia bawa nama Indonesia cemerlang di panggung dunia,” puji Anies.

Unggahan Anies yang disukai 77.202 warganet saat berita ini SiarMasjid tulis, pun mendapat banyak komentar haru dari warganet.

“Subhanalloh sangat menginspirasi,” kata pemilik akun @miw_umiya.

Ucapan senada juga utarakan @hafizfirgian. “MasyaALLAH sangat luar biasa, sangat membahagiakan, sangat inspiratif”.

Pemilik akun @deirmay meminta Anies begini. “Sering2 posting berita seperti ini, pak, inspiring”.

Komentar lain selebihnya mengucapkan Masyaa Allah, Allahu Akbar, Alhamduliilah, dan Subhanallah.

Ada juga yang berdoa semoga anaknya bisa seperti yang disampaikan @edward_yudi. “Subhanallah semoga anakku kelak seperti mba rifdah pinternya...aamiin”.

Begitupun dengan @salwailmira.  “Subhanallah allahuakbar, ya robb... Jadika,n putri hamba Salwa Diana ilmira menjadi seorang hafidzoh, dan jadikan muslimah yang taat, semoga kelak menjadi negara kak rifdah farnidah aamiin...,” tulisnya.

Tak lama kemudian, seorang penyiar radio meng-upload foto Rifdah bersama Anies, orangtua, dan guru pendamping Rifdah usai selesai acara penyambutan di Balai Kota, di akun IG-nya @noviooktavianti.

Menurut Novi butuh proses yang panjang untuk menghafal Al Qur'an, dan butuh keistiqomahan.

Novi pun mengucapkan selamat atas hasil yang luar biasa untuk Rifdah Harnidah yang telah membawa nama Indonesia dipanggung dunia.

“Kuasa Allah SWT mengangkat derajat seseorang dengan Al Qur'an seakan dunia yang menghampirinya. Allah yang berkuasa atas kehendakNYA. Salut banget dengan kesabaran dan itqan-nnya. Kita aja Juz 30 belum tentu Hafal,” tulis Novi dengan tak lupa memberi taggar #rifdahfarnidah

Sebelumnya meraih juara II di ajang MHQ 2018 tingkat internasional di Yordania, Rifdah sudah mengantongi bekal juara 1 MTQ tingkat Nasional JQHNU golongan 5 juz di Kalimantan Barat tahun 2012, juara 1 MTQ Nasional golongan 10 juz di Nusa Tenggara Barat tahun 2016, dan juara 1 MTQ Nasional golongan 30 juz di Kalimantan Barat tahun 2017.

Kata salah seorang dosen pembimbing Rifdah yakni Mutmainnah yang mengajar di Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta, Rifdah itu seorang hafidzah yang mutqin, maksudnya hafidzah yang benar-benar hafal Al-Quran 30 juz dengan lancar tanpa melihat mushaf Al-Quran.

Allahu Akbar, bangga dan salut.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Foto: @aniesbaswedan, @novioktavianti_annisa, @okisetianadewi & @rifdah_farnidah

Captions:

1.Rifdah Farnidah (berhijab pink) tak kuasa menahan haru mendapat hadiah dari ulama Mekkah dalam acara penyambutan atas prestasi dunianya di Gedung Balai Kota/Kantor Gubernur DKI Jakarta.

2.Rifdah berfoto bersama orangtua,  Gubernur Anies Baswedan, dan dosen pembimbingnya di  Gedung Balai Kota.

3.Rifdah saat wisuda S.Ag, 26 Agustus 2017

4.Rifdah ketika mengikuti lomba Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) Sedunia di Yordania Maret 2018, dimana ia menyabet Juara II.

5.Rifdah sewaktu berkunjung ke Candi Borobudur di Magelang, Jateng, 3 September 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar